oleh

100 Calon Peneliti Tulis Cerita Sains

LINGGAU POS ONLINE, SIDOREJO – 100 siswa-siswi SMA negeri dan swasta Kota Lubuklinggau mengikuti lomba Menulis Cerita Sains, Kamis (2/11). Kegiatan yang tujuannya melahirkan peneliti muda itu diprakarsai oleh Dinas Pendidikan (Disdik) Provinsi Sumatera Selatan (Sumsel) melalui UPTD Graha Teknologi Sriwijaya yang tergabung dalam Anggota Asosiasi Science Centre Indonesia (ASCI).

Tim Teknis Penyelenggara Lomba Menulis Cerita Sains, Rosintan menerangkan, kegiatan ini dilaksanakan di 17 kabupaten/kota di Sumsel. Perdananya memang di Kota Lubuklinggau.

“Sebenarnya tahun-tahun sebelumnya dilaksanakan di Provinsi Sumsel. Namun tahun ini, kami roadshow ke kabupaten kota. Setiap kabupaten kota, 100 siswa yang berkompetisi. Nanti hanya diambil Juara I, II dan III untuk ikut kompetisi lanjutan tingkat Provinsi Sumsel,” jelas Rosintan.

Kegiatan ini pada dasarnya melatih siswa memgenal sains melalui karya deskripsi. Acara yang sebagian besar diikuti oleh siswa-siswi jurusan IPA itu dilaksanakan dalam dua tahap.

“45 Menit setiap tim diberi waktu untuk menuliskan cerita sains. Lalu 15 menit berikutnya mereka diminta mempresentasikan. Penilaian dalam lomba ini meliputi kerja sama, bahasa yang digunakan, isi sains, inovasi dan ketepatan waktu,” jelas Rosintan.

Satu tim terdiri dari 2-3 siswa-siswi. Mereka mengikuti lomba ini di ruang fisika lantai II SMA Xaverius Lubuklinggau.

Rosintan berharap, dengan terselenggaranya kegiatan ini bisa jadi inspirasi langkah awal peserta didik menjadi peneliti pemula. Sehingga kelak menghasilkan peneliti muda.

Diantara ratusan peserta itu SMA Xaverius juga mengutus peserta didiknya untuk mengikuti kegiatan ini.

Salah satu karya inovasi sains yang sudah dibuat siswa-siswi SMA Xaverius adalah mengolah sampah plastik menjadi bahan bakar alternatif.

“Yang ini sekarang sedang ikut kompetisi di Universitas Diponegoro. Jadi sebagai tuan rumah, kami sangat tertarik dengan kegiatan semacam ini. Karena memang sebagian siswa-siswi punya potensi mengarah ke bidang penelitian,” terang Kepala SMA Xaverius Lubuklinggau IG Maryanto.(05)

 

Komentar

Rekomendasi Berita