oleh

10 Sopir Angkutan Umum Tes Urine

LINGGAU POS ONLINE – Setidaknya ada sepuluh sopir angkutan umum yang melintas di Jalan Lintas Sumatera (Jalinsum) Desa Pedang, Kecamatan Muara Beliti diberhentikan untuk mengikuti tes urine. Kegiatan tersebut dilakukan oleh Badan Narkotika Nasional (BNN) Kabupaten Musi Rawas (Mura), bersama Polres Mura, Dinas Perhubungan (Dishub) dan Polisi Militer (PM).

Kepala BNN Mura, Hendra Amoer mengatakan kegiatan yang dilakukan untuk penegakan disiplin bagi pengemudi angkutan umum.

“Kami ingin mengantisipasi kesiapan fisik dan mental sopir, sekaligus memastikan tidak ada pengemudi yang terlibat narkotika,” kata Hendra Amoer kepada koran ini, Rabu (7/8).

Selain itu juga, kegiatan ini sebagai bentuk Implementasi Instruksi Presiden (Inpres) No.6 Tahun 2018 yaitu deteksi dini. Sekaligus sebagai dukungan Pemkab Mura dalam mengatasi masalah narkoba dan dukungan upaya Pencegahan Pemberantasan Penyalahgunaan dan Peredaran Gelap Narkoba (P4GN).

“Dalam pemeriksaan itu semuanya negatif, dan juga tidak ditemukan bahan narkoba lainnya,” jelasnya.

Kepala Dishub Mura, Adi Winata melalui Kabid Manajemen Rekayasa, Sudirman mengatakan razia ini juga memeriksa kelengkapan surat berkendara, seperti SIM dan STNK dan izin trayek pengemudi.

“Razia gabungan ini digelar demi memastikan kesiapan semua jenis angkutan umum memasuki momen mudik di hari raya. Kami memeriksa semua, mulai dari kelengkapan surat berkendara. Termasuk kondisi kendaraan apakah layak jalan,” kata Sudirman.

Dari hasil pemeriksaan petugas, nihil pelanggaran semua kendaraan juga dianggap layak jalan. Dan kondisi kendaraan yang terjaring razia dalam keadaan aman dan laik jalan.

“Kita mengimbau kepada sopir untuk selalu mentaati peraturan berkendara dan selalu menjaga kesehatan,” imbaunya. (dlt)

Rekomendasi Berita