oleh

10 JCH Batal Berangkat

Linggau Pos Online,

MUSI RAWAS – 10 Jemaah Calon Haji (JCH) di Kabupaten Musi Rawas (Mura) 2019 ini batal berangkat. Hal itu dipastikan Kepala Kantor (Kakan) Kemenag Kabupaten Mura, H Hermadi melalui Kasi Penyelenggara Haji, Asror saat ditemui di ruang kerjanya, Sabtu (26/1).

Jumlah kuota haji tahun ini sebanyak 182 JCH, namun hanya 172 dipastikan akan berangkat tahun ini. Sedangkan, untuk rencana keberangkatan ibadah haji pada Juni mendatang.

Jika dilihat dari tahun sebelumnya, kuota haji tahun ini menurun dibandingkan sebelumnya 2018, yakni sebanyak 197.

Kemudian, untuk biaya haji komposisi yang paling besar adalah membeli tiket pesawat. Sebab berdasarkan tahun sebelumnya dari Rp33 juta biaya keberangkatan ibadah haji, Rp26 juta diantaranya untuk biaya tiket pesawat.

Menurutnya, kemungkinan besar akan ada penambahan yakni Lansia 19 orang beserta pendamping yang sudah masuk entri. Hanya saja, hal utama yang menjadi masalah untuk diantisipasi bagi para JCH nantinya, yakni faktor kesehatan. Jangan sampai berangkat namun fisiknya tidak mampu, karena akibatnya bisa fatal.

“10 JCH yang batal berangkat itu, karena banyak hal yang belum siap. Seperti ada yang sakit, dana kurang dan lainnya. Tetapi akan diberangkatkan pada 2020 nanti,” kata Asror.

Intinya untuk JCH bila daftar sekarang berangkatnya tahun 2035. Namun, kalau ada penambahan kuota maka bisa kemungkinan berangkat lebih cepat. Termasuk, JCH umur 75 tahun diusulkan lebih cepat dengan catatan mendaftar dua tahun sebelumnya. (dlt)

 

Rekomendasi Berita