oleh

1.242 Lembar Surat Suara Rusak

LINGGAU POS ONLINE, KAYU ARA – KPU Kota Lubuklinggau sudah selesai melipat kertas suara untuk pemilihan Walikota-Wakil Walikota Lubuklinggau, maupun pemilihan Gubernur-Wakil Gubernur Sumatera Selatan (Sumsel). Namun, berdasarkan hasil penyortiran ditemukan surat suara yang tidak bisa dipakai atau rusak, mulai sobek, gambar kurang cerah. Kemudian, cover depannya gambar kandidat untuk daerah lain, sementara cover belakangnya gambar kandidat Pilkada Kota Lubuklinggau.

Ketua KPU Kota Lubuklinggau, Efriadi Suhendri menjelaskan, KPU Kota Lubuklinggau sudah melakukan rapat pleno. Hasilnya, KPU Kota Lubuklinggau mengalami kekurangan kertas suara 234 lembar. Itu sudah dituangkan dalam Berita Acara (BA) Nomor 95/TU/01.1-BA/1673/SEK-KOT/VI/2018, tentang hasil pelipatan, penyortiran dan penghitungan suara pemilihan Walikota-Wakil Walikota Lubuklinggau tahun 2018.

Kemudian, untuk kertas suara pemilihan Gubernur-Wakil Gubernur Sumsel, berdasarkan hasil pelipatan dan penyortiran yang dituangkan dalam BA Nomor 96/TU.01.1-BA/1673/SEK-KOT/VI/2018. Kekurangannya sebanyak 356 lembar kertas suara.

Dilanjutkan Efriadi Suhendri, khusus untuk kekurangan kertas suara yang akan digunakan untuk Pilkada Lubuklinggau, pihaknya akan langsung berkoordinasi dengan percetakan. Sementara, kekurangan kertas suara untuk pemilihan Gubernur-Wakil Gubernur Sumsel, akan dilakukan dilaporkan ke KPU Provinsi Sumsel.

Terpisah, KPU Kabupaten Musi Rawas (Mura), juga mengalami kekurangan surat suara Pemilihan Gubernur-Wakil Gubernur Sumsel. Sebab, dari hasil pelipatan ditemukan 150 lembar surat suara yang dinyatakan rusak.

Ketua KPU Kabupaten Musi Rawas Utara (Muratara), Agus Maryanto mengatakan pihaknya juga mengalami kekurangan surat suara untuk Pemilihan Gubernur-Wakil Gubernur Sumsel. Dari hasil pelipatan dan penyortiran ditemukan 502 lembar surat suara rusak, seperti tidak ada logo pemilihan, sobek, gambar kurang cerah, dan gambar pasangan calon daerah lain. Namun, kekurangan hanya 263 lembar, karena ada beberapa boks yang isinya lebih dari 2.000 lembar surat suara. (01)

Rekomendasi Berita