oleh

1.020 Anggota Polisi Siap Amankan Pilkada

LINGGAU POS ONLINE, EMPAT LAWANG – Ada 1.020 personel polisi dikerahkan untuk pengamanan pelaksanaan pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur serta pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Empat Lawang. Petugas keamanan itu akan disebarkan di 10 kecamatan dan 147 kelurahan/desa di wilayah “Bumi Saling Keruani Sangi Kerawati” ini.

Dari 1.020 personel tadi, 600 orang Bawah Kendali Operasi (BKO) Polres Musi Rawas (Mura), Polres Kota Lubuklinggau dan Polres Lahat. Kemudian, anggota Brimob Kompi IV Pelopor Petanang Lubuklinggau, dan anggota Sat Brimob Polda Sumatera Selatan (Sumsel), serta 420 personel anggota Polres Empat Lawang.

Demikian diungkapkan Kapolres Empat Lawang, AKBP Agus Setyawan saat acara pelepasan anggota polisi BKO untuk pengamanan Pilkada Kabupaten Empat Lawang, dari Polres Mura, Polres Kota Lubuklinggau dan Polres Lahat yang habis masa tugas di Kabupaten Empat Lawang, Jumat(22/6).

Dijelaskan Agus Setyawan, anggota yang kembali ke markasnya, karena habis masa tugas di Kabupaten Empat Lawang. Selanjutnya, akan digantikan dengan anggota polisi lain, dengan jumlah personel yang sama, dari daerah masing-masing.

Pulangnya personel tersebut ditegaskan Agus, bukan berati berkurangnya personel keamanan di Kabupaten Empat Lawang. Sambil menunggu personel pengganti, mereka juga diperbantukan anggota Polri dari Polda Bengkulu.

Dari personel yang disiapkan nanti, tambah Agus, masing-masing kecamatan akan disiapkan satu kompi atau 90 orang anggota polisi. Sementara ini situasi di Kabupaten Empat Lawang sudah kondusif, apalagi setelah diadakannya acara sedekah rakyat yang diharapkan tidak ada lagi kejadian ataupun keributan lagi yang terjadi.

Pengamanan Pilkada tidak hanya sampai pada pencoblosan saja atau penghitungan suara, tetapi hingga pelantikan calon kepala daerah terpilih. Sudah menjadi tugas polisi melaksanakan pengamanan mulai dari tingkat TPS, PPS, PPK hingga KPU, dengan tingkat pengamanan yang ketat.

“Karena kita ingin Pilkada di Kabupaten Empat Lawang berjalan dengan aman, tertib dan lancar, tanpa ada keributan,” tegas Agus. (10)

Rekomendasi Berita