Suksesi Pilkada Serentak 2018

PPK Lubuklinggau Selatan I Bimtek PPS

LINGGAU POS ONLINE, LUBUKLINGGAU – Menghadapi Pemilihan Walikota-Wakil Walikota Lubuklinggau dan Pemilihan Gubernur-Wakil Gubernur Sumsel, PPK Lubuklinggau Selatan I mengadakan Bimbingan Teknis (Bimtek) penghitungan suara ke PPS. Kegiatan itu dilaksanakan di ruang rapat Kantor Camat Lubuklinggau Selatan I, Rabu(13/6),

Ketua PPK Lubuklinggau Selatan I, Rizal Iswandi, mengatakan kegiatan Bimtek yang dilaksanakan merupakan rangkaian Bimtek secara berjenjang berdasarkan Peraturan KPU Nomor 8 Tahun 2018 tentang Pemungutan dan Penghitungan Suara.

Menurut Rizal Iswandi, tujuan Bimtek untuk memberikan pemahaman bersama, ke PPS yang berkenaan dengan tata cara pemungutan, penghitungan, serta rekapitulasi hasil perolehan suara Pilkada serentak 2018, yang akan dilaksanakan 27 Juni 2018.

Untuk memberi pemahaman berbagai metode digunakan dalam Bimtek, mulai diskusi hingga simulasi dalam proses pemungutan dan penghitungan suara di TPS, serta rekapitulasi hasil perolehan suara. Hasil simulasi ini diharapkan dapat memberikan informasi dan pemahaman kepada PPS sehingga mereka dapat mengaplikasikannya pada saat pemungutan, penghitungan suara, dan rekapitulasi hasil perolehan suara.

Walaupun di Pilkada serentak 2018 PPS tidak melakukan rekapitulasi, mereka hanya membacakan hasil pleno ditingkat TPS ketika dilakukannya rekapitulasi penghitungan suara ditingkat PPK.

Maka, PPS diminta bekerja dengan cermat dan teliti dalam melaksanakan tugasnya. Ketika menemukan ada kesalahan atau kekeliruan saat dilakukannya proses penghitungan suara harus diselesaikan secepatnya, sebab bila tidak dilakukan pembetulan ditingkat yang sama, ditingkat selanjutnya juga akan terjadi kesalahan.

Sebab, jumlah surat suara yang digunakan harus sama dengan jumlah surat sah dan tidak sah. Apabila ada perbedaan antara jumlah masyarakat yang menggunakan hak pilih dengan jumlah suara sah dan tidak sah, maka harus dilakukan pembetulan.

“Sekecil apapun kesalahan mengenai hasil penghitungan suara, harus diselesaikan ditingkatkan yang bersangkutan, sebab kesalahan tersebut tidak bisa ditolerir,”jelasnya.

Untuk diketahui Bimtek yang dilakukan PPK Lubuklinggau Selatan I, dihadiri seluruh komisioner PPK Lubuklinggau Selatan I, Rizal Iswandi, Bambang Irwan, Bazigar, Aidil Adha dan Edi Juarsa. Serta 21 anggota PPS se-Kecamatan Lubuklinggau Selatan I.(01)

Baca Juga
error: Maaf Di Kunci