oleh

Poktan Belajar Penggunaan Transplanter

LINGGAU POS ONLINE, SURULANGUN – Dinas pertanian dan Perikanan Kabupaten Musi Rawas Utara (Muratara), Rabu (10/10) melaksanakan kegiatan pelatihan dan praktik lapangan penggunaan Alat Mesin Pertanian (Alsintan), khususnya alat tanam padi atau transplanter.

Praktik transplanter yang dilaksanakan oleh seluruh Perwakilan Kelompok Pertanian (Poktan) dari seluruh kecamatan yang ada di wilayah Kabupaten Muratara.

Kepala Dispertanikan Kabupaten Muratara, Suhardiman menjelaskan praktik dilaksanakan di lahan persawahan Kelurahan Pasar Surulangun Kecamatan Rawas Ulu.

“Untuk tenaga pelatih atau instruktur, kami mengundang tenaga dari produsen alat tersebut,” kata Suhardiman, kemarin.

Lebih lanjut, pelatihan bertujuan agar para petani dapat mengoperasikan alat tanam tersebut secara baik dan benar. Sehingga alat yang telah diberikan dapat dimaafkan secara optimal dalam mendukung aktivitas petani dalam hal penanaman padi di lahan persawahan di masing-masing wilayah.

“Disamping itu juga, tidak hanya mengetahui cara mengoperasikan alat tersebut juga para petani diberikan juga pembekalan cara perawatan alat yang ada, dengan demikian Alsintan dapat awet atau tahan lama,” sebutnya.(asd)

News Feed