PKK Lubuklinggau Timur I Siap Sukseskan Pilkada

LINGGAU POS ONLINE, TABA KOJI – Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) Lubuklinggau Timur I melaksanakan Bimbingan Teknis (Bimtek) tentang Pemungutan dan Perhitungan Suara Pilkada Kota Lubuklinggau dan Provinsi Sumatera Selatan (Sumsel). Pesertanya 24 orang yang terdiri dari ketua dan anggota dari 8 PPS yang ada di Kecamatan Lubuklinggau Timur I.

Acara tersebut dilaksanakan di Aula Kantor Camat Lubuklinggau Timur I di Kelurahan Taba Koji, Selasa (11/6).

Ketua PPK Lubuklinggau Timur I, Nur Fajri menjelaskan, tujuan dilaksanakan Bimtek agar PPS dapat bekerja dengan baik sesuai dengan petunjuk Peraturan KPU Nomor 8 Tahun 2018 tentang Pemungutan dan Penghitungan Suara.

Walaupun anggota PPS tidak melakukan rekapitulasi perolehan suara di tingkat PPS namun prosedur dan tata cara rekapitulasi tingkat TPS harus diketahui anggota PPS. Karena, anggota PPS merupakan tempat anggota Kelompok Panitia Pemungutan Suara (KPPS) berkoordinasi, bila mengalami kendala di lapangan.

“Anggota PPS harus mengungsi tata cara pemungutan, penghitungan suara di tingkat TPS,” kata Nur Fajri kepada Linggau Pos, Rabu (13/6).

Selain itu, juga disosialisasikan mengenai Surat Edaran (SE) KPU RI Nomor 574/PL.03.6-SD/06/KPU/VI/2018 tanggal 8 Juni 2018, perihal penyelenggaraan pemungutan dan penghitungan suara.

Dalam SE tersebut dijelaskan mengenai pemungutan suara. Pemilih yang terdaftar dalam DPT dengan membawa formulir C6 KWK namun tidak dapat menunjukkan KTP-El atau Surat Keterangan diperbolehkan menggunakan hak pilih maka diperbolehkan menggunakan hak pilihnya asal KPPS mengetahui bahwa pemilih yang membawa formulir C6 KWK, merupakan masyarakat setempat.

Namun, jika anggota KPPS tidak kenal dengan pemilih yang membawa formulir C6 KWK, maka anggota KPPS meminta yang bersangkutan untuk menunjukkan identitasnya, untuk memastikan orang yang akan menggunakan hak pilih merupakan orang yang berhak. Nur Fajri berharap agar seluruh anggota PPS dapat memahami tugas dan melaksanakannya dengan baik.

Nur Fajri beserta jajaran PPK dan PPS siap mensukseskan Pilkada Kota Lubuklinggau dan Sumsel.

Sebelum melaksanakan Bimtek PPS pada hari yang sama (Selasa, 11/6), PPK Lubuklinggau Timur I juga melaksanakan rapat pleno penetapan Daftar Pemilih Sementara (DPS) untuk Pemilihan Legislatif (Pileg) dan Pemilihan Presiden dan Wakil Presiden (Pilpres). Total DPS di Kecamatan Lubuklinggau Timur I 21.798 dengan rincian perempuan 11.207 sedangkan laki-laki 10.591. Untuk pelaksanaan Pileg dan Pilres jumlah TPS di Kecamatan Lubuklinggau Timur I ada 82 tersebar di 8 kelurahan.

“Penetapan DPS Pileg dan Pilres diambil dari DPT Pilkada,” jelasnya.

Pleno penetapan DPS dihadiri sejumlah pengurus Partai Politik (Parpol) diantaranya Partai Gerindra, PAN, PKPI, Nasdem dan PDI-P serta ketua dan anggota PPK Lubuklinggau Timur I yakni Divisi Teknis Gempat Panca Kurnia, Divisi Hukum Satria Fitriansyah, Divisi SDM dan Parmas Taufik Indrasari dan Divisi Program dan Data, Ade Rahmad. (05)

Baca Juga
error: Maaf Di Kunci