oleh

Istiqosah Bersama untuk Palu dan Donggala

LINGGAU POS ONLINE, RUPIT – Sebagai rasa kepedulian terhadap korban bencana gempa bumi di Palu dan Donggala Provinsi Sulawesi Tengah. Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Musi Rawas Utara (Muratara) melaksanakan zikir dan doa bersama atau istiqosah di Masjid Taqwa Kelurahan Muara Rupit, Rabu (10/10).

Istiqosah yang dimulai pukul 11. 30 WIB ini dilaksanakan bersama pihak TNI dan Polri sebagaimana adanya instruksi Panglima TNI di mana dilaksanakan serentak di seluruh Indonesia.

Bupati Muratara, HM Syarif Hidayat yang diwakili Asisten III Setda Kabupaten Muratara, Alwi Roham dalam sambutannya menyampaikan permohonan maaf atas ketidakhadiran Bupati Muratara. Karena Bupati sedang melayat warga yang meninggal di Desa Terusan Kecamatan Karang Jaya.

Alwi Roham mengungkapkan, istiqosah yang dilaksanakan tersebut dalam rangka menindaklanjuti instruksi dari Panglima TNI. Dilakukan serentak di seluruh Indonesia atas rasa keprihatinan terhadap para korban bencana.

”Sebagaimana informasi yang meninggal sudah lebih dari 2 ribu orang,” kata dia.

Selain itu juga, istiqosah diharapkan dapat menjadi langkah pendekatan diri kepada Allah SWT. Dalam istiqosah juga dilakukan penggalangan dana untuk selanjutnya akan disalurkan ke para korban di Palu dan Donggala bersama seluruh daerah lain.

Dandim 0406 MLM, Letkol Kav Dodi Syamsurizal yang diwakili Danramil 406-01/Rawas Ulu, Kapten Inf Khairudin menyampaikan, zikir dan doa bersama ini untuk korban bencana.

“Sebelumnya kami sampaikan apresiasi kepada Pemkab Muratara, atas terlaksananya istiqosah ini, sebagai rasa duka atas bencana di Palu dan Donggala,” ungkapnya.

Kapten Inf Khairudin menjelaskan pelaksanaan istiqosah ini sebagaimana instruksi Panglima TNI yang dilaksanakan serentak 10 Oktober 2018 di seluruh Indonesia.

“Pada istiqosah juga dilakukan penggalangan dana dan hasilnya akan disampaikan ke Korem, Kodam dan akan disalurkan ke para korban di Palu dan Donggala,” kata dia.

Untuk zikir dan doa bersama dipimpin oleh ustad Fadli. Setelah zikir dan doa bersama selanjutnya dilakukan Salat Zuhur berjamaah. Dari pantauan di lokasi Istiqosah, dari Kepala OPD yang hadir sangat sedikit, bahkan hanya beberapa kepala dinas saja.(asd)

News Feed