Harga Daging Sapi Capai Rp 150 ribu

Semakin Menyulitkan Masyarakat

LINGGAU POS ONLINE, MUSI RAWAS – H-2 menjelang hari raya Idul Fitri 1439 H, beberapa pasar di Kabupaten Musi Rawas (Mura) tumpah ruah dikunjungi pembeli. Seperti pasar B Srikaton, Kecamatan Tugumulyo, Kabupaten Mura, terlihat padat pengunjung yang hendak berbelanja barang kebutuhan pokok keperluan perayaan hari kemenangan bagi umat muslim.

Berdasarkan pantauan Linggau Pos pukul 10.00 WIB, Rabu (13/6). Lokasi penjual daging Sapi di Pasar B Srikaton, salah satu tempat yang paling banyak dikunjungi pembeli. Meskipun harga daging Sapi mencapai Rp 140 ribu hingga Rp150 ribu per Kg, namun pembelinya cukup banyak.

Zainal (40), salah seorang pedagang daging Sapi di Pasar B Srikaton, mengatakan kenaikan harga daging Sapi ini berkisar tiga hari terakhir ini.

“Naiknya harga daging Sapi ini disebabkan para pedagang menjual daging Sapi loka, bukan Sapi impor. Daging Sapi lokal sudah jelas sehat dan terjamin kualitasnya,” kata Zainal.

Biasanya harga jual daging ini naik menjelang Hari Raya Idul Fitri. Situasi seperti ini sudah biasa, karena konsumennya banyak sedang stok terbatas. Maka terjadilah hukum ekonomi, apabila permintaan bayak stok sedikit, maka sudah pasti harga akan meningkat. Tetapi setelah hari raya biasanya harga jual daging berangsur turun, dan kembali pada harga biasanya.

“Sudah menjadi tradisi kalau menjelang Idul Fitri harga daging Sapi dan komoditas lainnya naik. Karena permintaan semakin meningkat, sampai pada H-1,” jelas Zainal.

Salah seorang pembeli daging, Susi (35), warga Kecamatan Tugumulyo, mengakui harga jual daging naik. Kenaikan harga daging Sapi ini tentu saja semakin menyulitkan masyarakat akan kebutuhan daging. Dan tak hanya daging Sapi saja yang menaik, daging ayam juga sudah mencapai Rp 38-40 ribu per Kg.

“Sudah biasa semuanya naik jelang Idul Fitri, seperti sudah tradisi. tingginya harga jual barang kebutuhan pokok ini sangat menyulitkan masyarakat, ” keluh Susi.

Dikatakan Susi, ia tak punya pilihan lain harus membeli berapa harga daging yang dijual. Karena jelang Idul Fitri daging adalah kebutuhan. (04)

Baca Juga
error: Maaf Di Kunci