oleh

Elektabilitas Prabowo-Sandiaga Lampaui Jokowi-Ma’ruf

Enam Bulan ke Depan

JAKARTA – Partai Gerindra mengaku secara berkala mengadakan survei internal guna melihat elektabilitas pasangan calon nomor urut 02 Prabowo Subianto dan Sandiaga Uno. Meski diakui hingga kini tingkat elektabilitas Prabowo-Sandiaga masih di bawah pasangan Jokowi-Ma’ruf Amin, namun Gerindra optimis tetap mampu mengungguli Jokowi dalam waktu 6 bulan ke depan.

Ketua DPP Partai Gerindra, Ahmad Riza Patria mengatakan berdasarkan hasil survei internal terlihat elektabilitas Prabowo dan Sandiaga mengalami kenaikan yang cukup menggembirakan. Namun sayangnya, Riza tidak mau membuka hasil survei internal yang dilakukan partainya.

“Berdasarkan hasil survei internal yang kami lakukan, harus diakui hasilnya belum mampu mengalahkan pasangan Pak Jokowi- Ma’ruf Amin namun dengan pasti elektabilitas pasangan Pak Prabowo-Sandiaga bergerak mendekati. Mohon maaf hasil survei internal itu tidak untuk dipublikasikan ke publik,” kata Ketua DPP Partai Gerindra, Ahmad Riza Patria kepada Fajar Indonesia Network (FIN) di Gedung DPR RI, Jakarta, Rabu (10/10).

Riza mengatakan kenaikan elektabiltas pasangan Prabowo dan Sandiaga dimulai sejak adanya deklarasi pasangan Capres dan Cawapres yang dilakukan pada Agustus kemarin.

“Begini deh, jika kedua pasangan itu turun ke masyarakat sekarang, saya yakin masyarakat mulai dari abang, ncing, mpok, mbak akan memilih pasangan Prabowo Subianto dan Sandiaga Uno bukan memilih Pak Jokowi dan Pak Ma’ruf Amin,” kata Ahmad Riza Patria.

Masih menurut Riza, berdasarkan hasil survei internal yang dilakukan partainya dan beberapa lembaga survei lainnya, elektabilitas pasangan Jokowi dan Ma’ruf Amin tidak mengalami peningkatan. Elektabilitas Jokowi didukung oleh kepuasan publik terhadap kinerja pemerintahan Jokowi.

“Berdasarkan hasil survei di internal partai dan lembaga survei Indikator, ada peningkatan yang signifikan untuk pasangan Prabowo dan Sandiaga. Namun tidak begitu dengan hasil survei pasangan Jokowi-Ma’ruf Amin yang tidak ada peningkatan. Itu Indikator loh yang survei,” kata anggota Komisi II DPR itu.

Riza menegaskan pihaknya optimis pasangan Prabowo-Sandiaga akan mampu mengalahkan elektabilitas Jokowi-Ma’ruf Amin. Dia menambahkan pihaknya melalui Badan Pemenangan Nasional (BPN) senantiasa mempelajari hasil-hasil survei dari lembaga survei yang telah dipublikasikan melalui media.

“Hasil-hasil survei yang dipublikasikan di media merupakan input dan koreksi untuk meningkatkan kinerja daripada Badan Pemenangan Nasional yang kami miliki,” urai Riza.(nal/fin)

News Feed