9 Perpustakaan Dinilai Tim Akreditasi LPA-N

Tim akreditasi LPA-N, saat sedang visitor di Perpustakaan SMKN 3 Lubuklinggau

SEMBILAN perpustakaan Kelurahan dan sekolah di Kota Lubuklinggau, dikunjungi tim akreditasi dari Lembaga Akreditasi Perpustakaan Nasional (LPA-N). Hal ini lantaran kesembilan perpustakaan tersebut, dinyatakan memenuhi standar untuk diakreditasi.

Yakni Perpustakaan STKIP-PGRI, Perpustakaan STMIK Mura, SMKN 3, SMKN 2, SMPN 8, MTsN, SDN 45, SDN 54 dan Perpustakaan Kelurahan Tanjung Raye. Kegiatan visitasi akreditasi ini dilaksanakan selama tiga hari, sejak Rabu (11/7) hingga Jumat (13/7).

Hal ini juga menunjukkan komitmen Pemerintah Kota (Pemkot) Lubuklinggau, dalam mengembangkan perpustakaan di setiap kelurahan dan sekolah, serta meningkatkan minat baca.

Tim Akreditasi LPA-N, Nelawati dan Erna Ambarwati saat dibincangi setelah kegiatan visitasi di sembilan perpustakaan tersebut mengatakan, untuk wilayah Sumsel, Kota Lubuklinggau menjadi daerah pertama yang mereka kunjungi karena sudah siap. Bahkan Kota Lubuklinggau menyanggupi 30 perpustakaan yang siap diakreditasi. Hal ini diakuinya patut diapresiasi.

Ada enam komponen yang mereka lihat, yakni koleksi, sarana dan prasarana, pelayanan perpustakaan, tenaga perpustakaan, penyelenggaraan dan pengelolaan serta komponen penguat.

“Tujuan akreditasi ini karena perpustakaan nasional mempunya tugas membina seluruh perpustakaan yang ada, lalu sebagai motivator dan sebagai evaluator. Ketiga tugas ini juga yang kita jalankan saat melakukan kunjungan dan penilaian. Sejauh ini untuk 9 perpustakaan yang kita nilai di Lubuklinggau sudah sangat baik, dalam melayani masyarakat serta meningkatkan minat baca,” jelas Nelawati.

Secara nasional tahun 2018, Perpustakaan Nasional menargetkan 900 perpustakaan se-Indonesia terakreditasi.

Kepala BPAD Kota Lubuklinggau, Hj Saleha mengaku terus meningkatkan pelayanan perpustakaan hingga ke Perpustakaan sekolah maupun kelurahan, sudah menjadi komitmen BPAD dan Pemkot.

“Mudah-mudahan sesuai target kita, 30 perpustakaan bisa diakreditasi tahun ini,” kata Saleha, disela-sela mendampingi tim akreditasi LPA-N. (13)

Baca Juga
error: Maaf Di Kunci